5 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Yang Tepat Untuk Anda

tips memilih hard disk eksternal

Dengan kecanggihan teknologi data saat ini, alat-alat yang mendukung kelancaran aktivitas di bidang internet pun semakin berkembang. Bagi Anda yang menggunakan tempat penyimpanan data, kini harddisk eksternal sudah semakin besar daya tampungnya. Alat yang semula hanya memiliki keterbatasan daya tampung dan sebagai alternatif, kini justru menyaingi laptop/komputer dalam hal kapasitas penyimpanan.

Alat ini sangat memudahkan bagi orang yang terbiasa mobile untuk menyimpan data  dan membawanya ke manapun Anda berpindah. Selain itu, bentuk dan fiturnya pun kini semakin beragam dengan harga yang semakin murah dan menyesuaikan dengan kecanggihan dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Tidak semua orang memahami kualitas harddisk yang bagus. Untuk itu, Anda harus pro aktif mencari informasi mengenai produk ini sebelum memutuskan membelinya. Anda dapat menyimak lima tips berikut ini untuk membantu Anda memilih tipe harddisk yang sesuai dengan kebutuhan:

  1. Harga yang dipasarkan

Hal pertama yang Anda perhatikan sebelum membeli suatu barang, tentu saja harga pasarnya. Ini penting untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Ukuran isi kantong pastinya mempengaruhi daya beli kita. Biasanya, semakin tinggi harga yang ditawarkan, semakin besar pula kapasitas yang dimiliki untuk menyimpan data. Kisaran harga dimulai dari 800 ribuan dengan kapasitas penyimpanan 1 TB hingga mencapai jutaan rupiah untuk kapasitas  di atas 1 TB. Pikirkan baik-baik kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan dana yang tersedia.

  1. Kapasitas Penyimpanan yang tersedia

Kapasitas harddisk biasanya sudah tertulis di kardusnya. Tinggal Anda memilih berapa kapasitas yang dibutuhkan untuk menyimpan data yang hendak dipindahkan atau ditampung. Contohnya saja harddisk dengan kapasitas 1 TB akan memuat foto sebanyak 200 ribu foto hasil dari kamera 6 MP. Dengan adanya gambaran ini, Anda bisa memperkirakan berapa kapasitas harddisk yang dibutuhkan.

Ukuran hard disk eksternal

  1. Ukuran harddisk

Pilihan paling menarik adalah ukuran harddisk yang berukuran kecil. Biasanya, harddisk yang berukuran besar memerlukan daya listrik khusus untuk menghidupkannya dan akan sedikit merepotkan saat hendak membawanya. Namun, tak apa bila Anda memilih yang besar. Pilihan ada di tangan Anda. Contohnya seperti harddisk merk Samsung P3 Portable External Hard Drive yang memiliki ukuran yang tipis dan ringan (±23 gr). Harddisk ini memang paling tipis di antara harddisk lainnya. Kapasitas penyimpanannya tersedia mulai dari 500 GB hingga 4 TB dan difasilitasi konektor USB 3.0 yang dapat memindahkan data dengan sangat cepat.

  1. Konektivitas

Setiap harddisk pasti memiliki port USB. Anda akan disajikan pilihan kembali antara USB 2.0 dan 3.0. Pilihlah harddisk dengan konektor USB 3.0 yang akan memberi kemampuan mentransfer data lebih cepat 5 Gbps dibandingkan dengan konektor USB 2.0 yang kecepatannya hanya 480 Mbps. Selain itu, terdapat beberapa harddisk yang telah menggunakan koneksi port thunderbolt di mana kecepatan mentransfer data lebih cepat dari USB 3.0. Namun, tentu saja semuanya akan kembali ke harga produk. Semakin canggih fasilitasnya, maka harganya pun menjadi semakin mahal.

tips memilih hard disk eksternal - thunderbolt

 

Salah satu harddisk yang menggunakan port thunderbolt adalah Hard Disk Lacie Rugged Thunderbolt & USB 3.0. Harddisk ini tidak hanya memiliki satu konektor saja, namun memiliki dua konektor di dalam satu perangkat. Wow! Jika Anda memerlukan harddisk dengan fasilitas yang lengkap, harddisk ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Tersedia kapasitas penyimpanan dari 1 TB hingga 4 TB. Harddisk ini pun dirancang dengan spesifikasi tahan air, debu dan juga benturan jika port harddisk masih tertutup.

tips memilih hdd - cover pelindung

  1. Pelindung Hard Disk

Anda perlu memperhatikan tempat atau pelindung untuk harddisk tersebut. Biasanya, tersedia pelindung dari bahan karet ataupun sejenisnya yang bisa Anda pilih untuk melindungi harddisk dari benturan ataupun guncangan.

Demikian 5 tips yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih dan membeli hard disk. Jadi, kini Anda sudah bisa menentukan jenis harddisk apa yang akan Anda beli, bukan?