Fakta menarik sepak bola

10-fakta-sepak-bola

Sepak bola merupakan olah raga yang paling banyak dimainkan dan diikuti di muka bumi. Sesuatu yang seperti agama bagi jutaan orang di seluruh dunia. Berikut ini sejumlah fakta menarik tentang sepak bola yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. www.makelarbola.com

“Sukses bukan kebetulan. Sukses itu kerja keras, ketekunan, pembelajaran, kajian, pengorbanan dan paling penting, mencintai apa yang anda lakukan,” Pele

Kenyataannya, nama soccer merupakan bentuk singkatan dari istilah awalnya ‘association of football’ yang dulunya disingkat jadi ‘assoc’ dan jadi bahasa yang paling dikenal saat ini. Dimainkan hampir di seluruh tempat di dunia dan sangat dicintai, sepak bola dipuja seperti sebuah agama, dengan para pemain bintang yang diperlakukan seperti dewa. Namun demikian, ada banyak hal tentang sepak bola yang bahkan tidak disadari oleh fans fanatiknya sekali pun. Itu sebabnya, artikel ini menghadirkan esjumlah fakta tentang sepak bola yang akan sangat disukai oleh siapa saja.

Bangsa Romawi memainkan olah raga yang bernama ‘harpastum’, yang bisa dianggap sebagai cikal bakal dari olah raga sepak bola modern. Di zaman awal, wasit biasa melayangkan sapu tangan untuk mengendalikan pemain dan pertandingan dan pluit kemudian dikenalkan dalam olah raga ini baru di tahun 1878. Tidak diragukan lagi, olah raga ini sangat terkenak di Eropa dan Amerika Selatan. Akan tetapi, asal muasal olah raga ini diperkirakan di Cina, lebih dari 2,200 tahun lalu. Inilah masa di mana Dinasti Han, sekitar 200 SM, bertahta. Sejumlah versi cerita berbicara tentang bola yang pertama kali digunakan yang terbuat dari kepala tentara Belanda. Dipercaya juga bahwa di abad pertengahan, menendang, memukul, menggigit, dan menciderai lawan diperbolehkan dalam pertandingan.

Di abad 14 di Inggris, olah raga ini dilaran goleh King Edward III karena terlalu kasar dan juga melibatkan kekuatan militer yang berlebihan, tapi ironisya, pertandingan sepak bola pertama dimainkan di Derby, Inggris. Diyakini juga bahwa olah raga ini berkembang di Newgate Prison di London, di awal tahun 1800’an, di mana para tahanan yang tangannya diborgol karena kejahatan merampok, masih bisa menikmati olah raga ini karena yang digunakan adalah kaki mereka.