Sejarah singkat sepak bola

4-sejarah-sepak-bola-jerman

Seperti uyang mungkin sudah anda tahu, sepak bola adalah olah raga yang paling banyak dimainkan, disaksikan dan disiarkan di televisi dalam sejarah umat manusia. Menurut FIFA, saat ini terdapat 270 juta manusia yang secara aktif terlibat dalam olah raga sepak bola, itu artinya sekitar 4% dari populasi dunia. Jadi mengapa olah raga ini bisa sangat diminati oleh saya dan juga orang-orang di luar sana? Apakah sejarah di balik olah raga yang banyak ditonton ini?

Sepak bola dalam Wikipedia adalah sebuah olah raga yang sudah ada sejak abad kedua atau ketiga. Bentuk termuda dari sepak bola ini diperkirakan muncul di Cina; sebuah permainan yang disebut ‘cuju’. FIFA, badan pelaksana sepak bola, secara resmi menyatakan jika Cina adalah tempat kelahiran permainan ini tahun 2004 lalu.

Dalam tahun-tahun berikutnya, banyak sekali bentuk olah raga yan gterekam di kawasan lain di dunia, seperti “Harpastum” (Romawi), “Kemari” (Jepang, dan “Knattleikr” (Islandia). Permainan ini tentu saja berbeda sekali dari sepak bola modern saat ini. Tidak sampai abad 19 bahwa beragam bentuk sepak bola ini menjadi lebih tersusun dan teratur serta dimainkan oleh sekolah-sekolah bergengsi di Inggris. Ada banyak perbaikan dalam jalanan permainan ini ketika Thomas Arnold (kepala Sekolah Rugy) memutuskan untuk membantu didirikannya aturan Rugby pertama.

Dalam Rugby, mereka mengizinkan pemain menendang kaki lawan di bawah lutut (yang kemudian dilarang saat ini), memegang bola juga diizinkan. Mengikuti perkembangannya, sepak bola dan rugby berpisah pada Desember 1863. Pertandingan modern sepak bola lahir di Inggris dengan dibentuknya FA (Football Association) yang merupakan badan penyelenggara sepak bola di Inggris.

Ebenezer Cobb Morley merupakan anggota pendiri FA di mana dia menekankan pentingnya sebuah badan penyelenggara sepak bola. Setelah FA dibentuk dia melandaskan “Hukum Sepak Bola” yang dipakai sebagai aturan dari sepak bola modern saat ini. Tanggal 9 Januari 1864, pertandingan sepak bola pertama dimainkan di Battersea Park. Dalam kurun waktu delapan tahun saja, FA sudah memiliki 50 klub anggota dan berkembang cepat memungkinkan kompetisi pertama dimainkan tahun 1872. FA Cup adalah kompetisi pertama sekaligus tertua saat ini. The Wanderers jadi tim pertama yang memenangkan pertandingan ini.