Karir terbaik Lionel Messi

3-lionel-messi-karir-sepak-bola

Tahun 2010 Lionel Messi mendapatkan 15 gelar individu di antaranya di Amerika, di Selat Persia dan di Eropa seperti Pemain Sepak Bola Terbaik, trofi Alfredo Di Stefano, World Selection, Pemain Terbaik di Piala Dunia antar klub, dan trofi Champions, di antara trofi penting lainnya.

Tetapi, tidak semua permainan Messi dipuji tahun 2010. Meski optimism dari penampilan meyakinkan Messi di Eropa, tim nasional Argentina tersingkir dari Jerman (0-4), memungkinkan tim ini mengamankan posisi lima besar di ajang Piala Dunia FIFA, salah satu hasil paling mengecewakan Messi dalam kurun waktu ini.

Tim sepak bola Argentina terbang ke Afrika dalam perburuan mereka meraih Piala Dunia. sejak awal, Los Celestes menghadapi Piala Dunia Afrika Selatan 2010 sebagai favorit meraih juara. Sebelum tersingkir di perempat final, tim Amerika Selatan ini berhasil mengemas empat kemenangan: Nigeria 1-0, Korea Selatan 4-1, Yunani 2-0, dan Meksiko 3-1. Ironisnya, tim nasional Spanyol justru berhasil memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Meski jadi salah satu atlet paling penting di abad ini, Messi belum sama sekali memenangkan Piala Dunia (2006, 2010 dan final 2014). Di negara selatan Afrika ini, produktifitas golnya sangat buruk: dia bahkan tidak mencetak satu gol pun. Hingga saat ini, dalam hal Piala Dunia, raihannya masih berbanding terbalik dengan apa yang diraih Maradona dan Pele.

Di bulan September 2010, permainan Messi memikat penonton, mulai dari pakar sepak bola dan penulis hingga fans, mencatatkan rekor baru di Spanyol dan Eropa. Untuk tiga kali berturut-turut, bintang ini menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions. Sulit dipercaya. Dalam seluruh kompetisi, pemain ini jadi mesin sempurna dalam mencetak gol. Dipimpin oleh Messi, Barcelona juga tampil digdaya dalam dua turnamen – turnamen domestik dan juga Liga Champions untuk dua kali secara berturut-turut, membuat selebrasi yang meriah di kota Barcelona. Saat itu, Messi meraih Ballon d’Or FIFA. Kemenangan ini membantu pengembangan sebuah hubungan yang luar biasa antara Messi dan fansnya dalam dan luar Spanyol.